Mapolda Sumut Dipenuhi Papan Bunga, Massa Jemaat HKBP Pabrik Tenun Menagih Janji

Seratusan jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan menggelar aksi damai di Mapolda Sumut Jalan Raya Medan - Tanjung Morawa, Senin (20/2/2023).

topmetro.news – Seratusan jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan menggelar aksi damai di Mapoldasu  Jalan Raya Medan – Tanjung Morawa, Senin (20/2/2023).

Kedatangan mereka adalah untuk menagih janji terkait laporan (LP) lima jemaat HKBP Pabrik Tenun yang sudah masuk ke Polda Sumut beberapa waktu lalu.

Sebagai pimpinan aksi adalah Benhur Marpaung dan Harlen Tambun dari HKBP Pabrik Tenun. Selain seratusan jemaat, turut juga hadir beberapa pengacara.

Sepanjang aksi mulai dari kediaman salah seorang jemaat di jalan Kuali Ayahanda hingga ke Mapolda Sumut, mereka dalam pengawalan aparat kepolisian.

Dalam aksi itu, mereka meletakkan beberapa papan bungan ukuran jumbo di seputaran Mapolda Sumut. Di mana isi papan bunga dari jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan itu antara lain adalah:

  • Bapak Kapolda yang kami cintai, tegakkan keadilan di Mapolda Sumut. Usut tuntas 5 LP rekan-rekan kami.
  • Papan bunga bertanya, apakah Presisi Polri masih hidup di Mapolda Sumut?
  • Kami menagih janji kepada Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengusut tuntas 5 LP rekan-rekan-kami.
  • Bapak ibu kepolisian, jangan biarkan kami menunggu lama. Berikan kami kepastian hukum. Usut tuntas 5 LP rekan-rekan kami.
  • Bapak ibu polisi yang kami cintai. Jangan rusak kepercayaan kami yang mencari keadilan di Mapolda Sumut.
Dukung Kapoldasu

Salah seorang jemaat, Raya Timbul Manurung pun membacakan apa yang menjadi tuntutan mereka di gerbang masuk Mapolda Sumut. Ada pun tuntutan dan harapan jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan itu adalah:

  1. Kami jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan mengucapkan selamat kepada institusi Polri termasuk Poldasu, atas pulihnya citra kepolisian dengan berakhirnya sidang pengadilan kasus pidana Sambo cs.
  2. Kami jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan mengucapkan salut dan simpati kepada Kapolda Sumut Irjen Simanjuntak yang tetap tegar dan bekerja profesional walaupun sahabatnya Irjen Sambo terkena kasus pidana.
  3. Kami jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan mengharapkan agar Poldasu dan aparat penyidiknya dapat segera menuntaskan laporan pengaduan kami Juni 2022. Dan juga segera dibuat SPDP. Kami berharap agar penyidikan tidak berputar-putar di gelar perkara dan penambahan saksi.
  4. Kami jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan mengusung Kapolda Sumut untuk diangkat sebagai Pejabat Gubernur Sumatera Utara dengan berakhirnya Gubsu Edi Rahmayadi September 2023.

Penghinaan

Sedangkan isi LP yang mereka maksud untuk diusut tuntas, di antaranya adalah soal penghinaan Pdt Rumondang kepada Naposobulung Jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan. Di mana penghinaan ini sempat divideokan oleh jemaat.

Kemudian soal pencemaran nama baik dan fitnah oleh Pdt Rumondang yang menyatakan sintua makan uang. Lalu ada lagi soal pencemaran dengan melalui medsos. Dan kasus lainnya.

Di depan gerbang markas kepolisian Sumatera Utara itu, Wadir Krimum Polda Sumut menerima pengunjuk rasa, yang berjanji akan melaporkan aspirasi itu ke komandannya.

Usai menyampaikan aspirasi, jemaat HKBP Pabrik Tenun Medan kemudian bergerak ke Kantor HKBP Distrik X Medan – Aceh Jalan Uskup Agung Sugiopranoto Medan.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment